Car Wash & Auto Detailing Jl. Arteri Soekarno Hatta No.277, Tlogosari, Semarang Telp. 024.674.7030. Tempat cuci mobil & salon mobil yg memiliki konsep tata ruang yg modern dan memiliki sistem kerja dg standar operasional prosedure (SOP)yang baik, pemakaian bahan salon mobil standar Internasional (Autoglym dari Inggris)& tenaga kerja yang terlatih. Fasilitas Ruang Tunggu : Ruang ber AC,kantin,pijat refleksi,salon kecantikan, musholla,hot spot area, TV,mainan anak dll.
Sabtu, 23 Juli 2011
KEBUTUHAN DASAR PELANGGAN
Car Wash & Auto Detailing AUTO BEAUTY
Untuk dapat menggapai sukses dalam usaha cuci mobil dan salon mobil kita harus mengetahui, apa kebutuhan mendasar yang harus kita berikan kepada setiap pelanggan yang datang ke tempat kita. Demikian juga setiap pelanggan yang datang untuk mencuci mobil atau salon mobil mengharapkan terpenuhinya kebutuhan mendasarnya.
Untuk itu kebutuhan mendasar harus dipahami dan dapat terlaksana dengan baik sehingga tercapai apa yang kita inginkan bersama antara pengusaha dan pelanggan. Pengusaha berharap memiliki pelanggan yang setia, yang selalu datang,dan menjadi pelanggan tetap. Demikian juga pelanggan berharap agar setiap kali datang untuk mendapatkan pelayanan jasa cuci mobil atau salon mobil mereka akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan .
Apa saja kebutuhan dasar pelanggan cuci mobil dan salon mobil :
1. KUALITAS
Pelanggan datang dan berharap mendapat pelayanan jasa yang berkualitas. Baik dari segi kualitas pelayanan cuci mobil atau salon mobil dan kualitas pelayanan sebagi seorang customer (pelanggan).
Mobil yang dilakukan perawatan dapat bersih sesuai dengan standar yang di berikan perusahaan. Sehingga pelanggan merasa puas atas hasil kerja karyawan. Tidak ada lagi komplain terhadap hasil kerja karyawan. Quality Control perusahaan dapat berjalan dengan baik. Segala pekerjaan yang kurang akan segera dilengkapi atau disempurnakan.
Pelayanan terhadap personal pelanggan juga baik, mobil datang diterima oleh Customer service dengan ramah dan senyum, dipersilahkan pelanggan menunggu diruang tunggu. Diruang tunggu pelanggan mendapatkan suasana yang nyaman tersedia café pijat refleksi, salon kecantikan, TV , Free hot spot area, ruangan br AC, tempat duduk sofa, ada pelayanan café, pijat refleksi, salon kecantikan yang ramah. Benar-benar pelanggan mendapatkan kualitas pelayanan yang memadai.
2. KECEPATAN
Dijaman modern ini orang yang tinggal dikota besar mempunyai kesibukan yang luar biasa, waktu bagi mereka adalah sangat berharga, waktu bernilai uang sehingga pepatah Time is money adalah sesuatu yang nyata bagi orang kota. Maka orang-orang kota sampai tidak ada waktu untuk merawat mobinya sendiri, dipercayakanlah perawatan mobilnya ke tempat cucian mobil atau salon mobil.
Sebagai tempat pelayanan jasa cuci mobil atau salon mobilpun kita harus menghargai waktu orang-orang kota yang sibuk. Ada dua harapan bagi orang-orang kota datang ketempat cucian atau salon mobil, mereka ingin mobilnya bersih dalam waktu yang singkat.
Tempat cucian atau salon mobil yang hanya bisa melayani dengan bersih saja akan tetapi dengan waktu yang lama, atau sebaliknya dengan waktu yang cepat tetapi tidak bersih, maka kedua-duanya tidak akan laku bagi pelanggan di kota besar.
Dikota besar yang dituntut oleh pelanggan ada hasil cucian atau salon mobil yang maksimal bersih dan dalam waktu yang singkat. Bagaimana dengan usaha cuci mobil dan salon mobil kita, apakah mampu memberikan pelayanan cepat dan bersih ?
3. PENAMPILAN OUTLET
Outlet atau tempat usaha kita akan mendapat penilaian oleh customer yang datang. Apakah outlet yang mempromosikan usahanya di Koran atau brosur sesuai dengan kondisinya. Sehingga mampu memenuhi janji diiklannya.
Apa saja yang akan dinilai oleh customer kita yaitu :
Kebersihan Tempat Usaha, pekerjaan cuci dan salon mobil menjual jasa perawatan mobil, menjajikan mobil yang dirawat akan benar-benar bersih. Pelanggan akan menilai tempat usaha kita, apakah tempat usaha kita bersih ? jika tempat usahanya saja kotor mana mungkin hasil pekerjaanya akan bersih.
Bangunan Outlet, apakah bangunan outlet bersih, menarik, rapi, berkesan modern atau sebaliknya. Jasa dengan nilai yang cukup mahal biasanya akan diberikan fasilitas yang lengkap, mewah, nyaman, bergengsi dan memberi kesan modern.
Karyawan, karyawan harus berseragam, ditraining untuk bekerja secara professional, ramah, jujur, memiliki tujuan kerja, untuk dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Semua tahu tujuan itu,sehingga akan bersama-sama untuk mencapai tujuan.
4. KEAMANAN
Tempat usaha kita harus memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, baik keamanan barang-barang pelanggan yang ada di mobil dari tangan-tangan jahil atau keamanan mobil yang sedang dikerjakan, tidak terjadi kerusakan atau kecelakaan dalam mengerjakan. Keamanan juga harus didapatkan pelanggan yang sedang menunggu mobil, tangga menuju lantai diatasnya yang aman, lantai raung jalan yang tidak licin, dll.
5. NILAI SOSIAL
Suatu bisnis cucian mobil atau salon mobil harus memiliki nilai-nilai social, tidak sekedar berbinis yang berorientasi pada nilai ekonomi yaitu untung dan rugi. Nilai-nilai social, baik yang bermanfaat bagi pelanggan atau masyarakt yaitu
Garansi terhadap service pekerjaannya.
Terlibat dalam kegiatan social dilingkungannya, memberi bantuan dll.
Memakai produk-produk yang ramah lingkungan.
Memberikan kemudahan kepada pelanggan yang akan memakai jasanya, misalnya member khusus, dll
Lima kebutuhan yang mendasar bagi pelanggan yang dapat kita penuhi akan mampu memajukan dan melanggengkan usaha kita. Kita harus selalu evaluasi terhadap pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan, sudahkah kita penuhi kebutuhan mendasar pelanggan kita ? (by. Ahmad Sriyono, Auto Beauty Franchise)
Langganan:
Postingan (Atom)