Minggu, 26 Juni 2011

MATERI PEMBEKALAN MARKETING AUTO BEAUTY FRANCHISE

Waralaba (Franchise)
Kata “waralaba” merupakan terjemah bebas dari kata “franchise.” Waralaba berasal dari dua kata (wara= lebih, laba= untung). Jadi, waralaba berarti “lebih untung.” Sedangkan, kata “franchise” diyakini berasal dari bahasa Eropa –Perancis dan Inggris—yang bermakna kebebasan. Di masa itu, bangsawan diberikan wewenang oleh raja untuk menjadi tuan tanah pada daerah-daerah tertentu. Di daerah tersebut, sang bangsawan dapat memanfaatkan tanah yang dikuasainya dengan imbalan pajak atau upeti yang dikembalikan kepada kerajaan. Sistem tersebut menyerupai royalti, seperti layaknya bentuk waralaba saat ini.
Waralaba atau Franchising merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Dalam waralaba, dikenal dengan Franchisor dan Franchisee. Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Menjual franchise bukan proses sekali jadi, buka stand di pameran atau satu kali pasang iklan dan langsung mendapat pembeli.menjual franchise adalah merupakan rangkaian dari proses proses yang terkait , dimulai dari memperkenalkan usahanya , memperhatikan kualitasnya meningkatkan merek ( Brand )nya melakukan positioning,menetapkan target market investornya dan kemudian mempromosikan franchisenya . jika kita ingin mempromosikan usaha franchsie kita di pameran franchise, maka kita sudah harus mulai melakukan proses proses sebelumnya untuk tujuan ( Objektif ) di atas saya selalu mengingatkan bahwa dalam proses menjual hal terpenting adalah pemahaman target market , produk knowledge ,dan salesmanshipnya kesuksesan menjual franchise sangat dipengaruhi oleh pemahaman target market investornya , dari harga franchise fee dan nilai investasi bisnis kita , sudah dapat dipahami status ekonomi sosial ( SES ) dari calon franchisee kita dari jenis usaha franchise yang kita tawarkan , mungkin kita sudah dapat mempertajam gender calon franchisee kita , laki-laki atau perempuan . dari cara mengerjakan usaha franchise yang kita tawarkan , mungkin kita dapat mempertajam lagi dari tingkat pendidikan dari calon franchise kita . Jika kita uraikan lebih detail lagi , maka kita akan dapatka calon franchisee kita yang paling ideal ( tepat ) . makin tajam kita mengetahui siapa calon franchisee kita , maka akan makin mudah kita mempersiapkan cara menjualnya ; misalnya kita tahu dengan persis dimana (media apa) kita harus beriklan bagaimana desain dan kata-kata iklan yang harus kita kreasikan bagaimana cara team kita harus bertegur sapa dan berkomunikasi dengan calon tersebut dan lain sebagainya
Dengan proses yang semakin terarah ini , upaya kita menjual franchise akan lebih efisien dan bahkan lebih efektif dan juga tingkat kesuksesannya akan lebih meningkat



Keuntungan Bagi Pembeli (Franchisee)
* Tidak mulai dari nol semua sudah siap operasional.menghemat waktu persiapan usaha pengalaman dan pengetahuan usaha.
* Track record usaha sudah terbukti berhasil.
* Resiko kegagalan bisa dikurangi
* Keuntungan dari pembelian skala besar
* Dukungan dan pelatihan mengenai mutu produk dalam bentuk baku yang telah diuji pasar.
* Daya tarik merek yang mudah mendapatkan pembeli
Men-copy untuk mendapatkan keseragaman mutu.
Ciri francise adalah standar mutu dan pelayanan dari produk dan jasa yang sudah laku di pasar.karena itu standarnya harus ada dan rahasia keberhasilan dalam franchise adalah dengan mengikuti formula sukses yang diberikan dengan secermat-cermatnya.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN USAHA FRANCHISE
Kelebihan usaha ini adalah:
* Mudah dilakukan karena tidak membutuhkan pengalaman bisnis.
* Franchisee berhak untuk menggunakan hak paten,merk dagang,hak cipta,rahasia dagang,serta formula rahasia franchisor
* Bentuk usaha franchise mendapat keuntungan dari program riset dan pengembangan yang dilakukan franchisor
* Kemungkinan terdapat jaminan teritorial untuk memastikan bahwa tidak ada franchisee lain dalam wilayah bisnis terlalu dekat
* Mendapat keuntungan dari aktivitas iklan semua jenis program promosi.
Kelemahan usaha franchise adalah:
• Hanya orang yang memenuhi persyaratan finansial tertentu yang bisa menjalankan usaha ini
* Franchisee(pembeli franchise) tidak bebas menentukan sendiri kebijakan perusahaanya
* Franchisor bisa saja melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan yang mungkin mempengaruhi untung rugi usaha

Kiat memilih franchise :
* Pertama, Pilih bisnis franchise pada bidang yang anda sukai agar lebih termotivasi dan bertahan lama.
* Kedua, Pastikan bahwa franchisor telah mempunyai strategi pemasaran yang solid.
* Ketiga, Pilih bisnis franchise yang bisa diteruskan kepada ahli waris.
* Keempat, Carilah franchisor yang memberikan pemantauan kinerja bisnis anda.
Mengenal bisnis opportunity.
Ada bisnis usaha yang dekat dengan franchise yaitu bisnis opportunity.tetapi dibandingkan franchise, BO( bisnis opportunity) baru memiliki 5 kriteria dari 8 kriteria yang dimiliki franchise.



Perbandingan franchise dengan BO
Bisnis opportunity
* Belum ada perlindungan hukum yang memadai.
* Belum ada standard operating procedure.
* Jam terbang yang masih relative rendah.
* Memiliki keunikan dan kualitas produk tetapi belum di tunjang oleh pemasaran yang baik.
* Manajemen organisasinya bersifat semi franchise
* Tidak harus memiliki cabang usaha yang sukses
* Belum di tunjang manajemen keuangan dan akuntansi yang baik.
Franchise
• Memiliki perlindungan hukum yang memadai.
* Sudah memiliki SOP yang baku
* Pengalaman usaha diatas 5 tahun sebagai pencerminan kompetensi usaha
* Memiliki keunikan , kualitas, uniformitas, dan standarasisasi produk.
* Punya cabang usaha yang terbukti sukses
* Mampu menunjukkan neraca tiga tahunan
* Punya strategi pemasaran yang inovatif
* Memiliki manajemen keuangan dan organisasi yang professional.
AGENT FRANCHISE yaitu :
Orang yang mempertemukan Francishor (Perusahaan pemberi hak merk yang mau dijual merknya) dengan Franchisee ( Pihak yang mau memakai merk tsb).
Dalam Proses menjual Franchise hal yang terpenting adalah :
 Pahami target market, apakah masuk kreteria orang yang akan mampu membeli Franchise, Lihat Status Ekonomi Sosial (SES) nya.
 Memahami produk yang akan dijual (Paham Franchise Auto Beauty).
TARGET MARKET FRANCHISE AUTO BEAUTY Yaitu :
 Orang yang punya modal, ingin usaha & tidak punya pengalaman.
 Orang kaya yang suka (hobby) bisnis Automotif, tapi tidak punya pengalaman.
 Orang yang ingin memiliki usaha yang bervariasi.
MOTIVATOR :
Sesungguhnya yang membedakan orang yang sukses & gagal adalah tindakannya (Action nya). Orang gagal hanya bermimpi ingin sukses tetapi tidak pernah bertindak & selalu menyalahkan orang lain (Bosnya, atasanya, perusahaannya, negaranya, presidenya dll).
Marketing yang hebat adalah dia mampu menjual produk, bukan hanya karena pruduknya , tetapi karena marketingnya yang memang ahli menjual.
Sekumpulan domba yang dipmpin oleh seekor Singa akan mampu mengalahkan sekumpulan Singa yang dipimpin oleh seekor Domba.
(by. Ahmad Sriyono, AUTO BEAUTY Franchise, dari berbagai sumber)

PAKET FRANCHISE AUTO BEAUTY

PAKET FRANCHISE
AUTO BEAUTY
A PERALATAN
1 2 Hidrolis Postmix + Oli
2 Compresor 2 PK & 1 PK, NLG, Taiwan
3 1 Tabung Snow 20 Ltr (Stainlis))
4 Water Sprayer / Steam Wash (CNP, 3 gun, Denmark)
5 1 Vacum Cleaner Wipro 21 Ltr
6 1 Alat Poles, De Walt, Jerman, 5 Speed
B BAHAN ATAU OBAT-OBATAN
1 Oli Doorsmer
2 Shampoo Mobil
3 Silicon Emulsion
4 Silicon Minyak
5 Produk AutoGlym :
6 Extra Abrasive 04 B
7 Fine Abrasive 03 B
8 Ultra Fine Renovator
9 Super Resine Polish
10 Glass Cleaner
11 Multiwash
12 Buffing M 160 & S 160
13 Velcro Back Plate 5/8
C Supporting Management.
1 Training Karyawan di Auto Beauty Semarang.
2 Pembinaan & Pendampingan Oleh Trainer di tempat Francishe.
3 Konsultasi Pengembangan (Supporting Management)
D Lain-Lain
1 Slang 20 m (utk Air Sprayer, & Doorsmer)
2 Air Sprayer Gun
3 Tabung Doorsmer Gun,
4 Kertas alas kaki
5 Brosur
6 Plas Chamois
7 Micro Fiber Cloth (Wonder Cleaner)
8 Sikat roda
9 Busa Gosok
C Survey lokasi (Wil. Jawa)
TOTAL BIAYA PAKET ( A, B, C, D, & E) : Rp.125,000,000
FRANCHISE FEE : Rp.150,000,000
TOTAL BIAYA FRANCHISE AUTO BEAUTY : Rp.275,000,000
by. ahmad sriyono

Waralaba Auto Beauty

WARALABA CUCI MOBIL & SALON MOBIL

NAMA WARALABA : AUTO BEAUTY
1. Franchisor : PT. Tunas Astra
2. Biang Usaha : Cuci Mobil & Salon Mobil.
3. Keunikan : Cuci Mobil Kualitas Salon (Cuci Poles)
4. Berdiri : Juni 2005 (Mulai Waralaba 1 Maret 2010)
5. Waralaba Fee : Rp. 150.000.000,-
6. Royalty Fee : 10 % dari Omset.
7. Total Modal awal : Rp. 543.500.000,- (sudah termasuk waralaba fee).
8. Return Of Investment : 33 Bulan ( 2 Tahun, 7.5 Bulan )
9. Alamat : Jl. Arteri Soekarno Hatta, No. 277, Semarang,
Phone . (024)6747030.
Web : http://autobeauty2010.blogspot.com