Selasa, 13 November 2012

PERANAN SPG Dalam BISNIS CARWASH

PERANAN SPG DALAM BISNIS CUCI MOBIL (CARWASH) Sudahkah bisnis cuci mobil anda menggunakan SPG(Sales Promotion Girl) atau CS (Customer Service) untuk dpat menjalin komunikasi dengan customer ? Belum banyak pengusaha cuci mobil yang memanfaatkan SPG untuk ikut berperan dalam meningkatkan omset. SPG memiliki peranan penting dalam bisnis cuci mobil atau salon mobil. Spg sebagai ujung tombak pemasaran bisnis cuci mobil, karena mereka biasanya dipasang di depan, dan lansung berhadapan dengan customer. PERANAN SPG SPG berperan pertamakali yang menyambut kedatangan cuctomer atau konsumen baru, menyambut dengan salam dan senyum, kemudian yang menawarkan jasa cuci mobil yang memiliki nilai laba yang tinggi. Dengan kepandaian nya melakukan bujuk rayu sehingga cuctomer memilih jasa yang ditawarkan SPG itu, sukses pertama menjual jasa yang memiliki nilai laba yang tinggi. Kemudian setelah selesai pelayanan jasa maka SPG mengantarkan cuctomer cuci mobil untuk dipersilahkan mengambil atau membawa mobilnya, dengan sebelumnya menawarkan jasa pelayanan“Masihkah ada yang kurang dari mobil yang telah dicuci besih ?”, kalau tidak SPG mengucapkan terimakasih dan menutupkan pintu mobil. Sukses kedua ini SPG mampu memberi kesan akhir yang baik sehingga diharapkan customer atau pelanggap baru akan datang kembali karena mengharapkan pelayanan yang baik. Tidak sedikit pelanggan (customer cuci mobil) datang kembali karena rindu (kangen) terhadap pelayanan yang ramah dari SPG tersebut. Sehingga sering terjadi pergantian SPG sering customer menanyakan SPG dulu yang pernah melayani menerima mobil, mengantarkan selesai mobil dicuci, dan mungkin rindu terhadap ucapan selamat pagi,selamat datang , terimakasih dan juga senyuman dari SPG saat menerima kedatangannya atau mengantar kepergiaannya. KRETERIA SPG CUCI MOBIL Performance (Penampilan). Performance ini merupakan tampilan fisik yang dapat dilihat dengan menggunakan penglihatan. Dalam perspektif ini, performance juga mengilustrasikan tentang pembawaan seseorang. Pembawaan ini diukur dari penampilan outlook (penampilan fisik) dan desain dress code (desain pakaian), ukuran dari pembawaan ini subyektif (setiap orang dimungkinkan berbeda). Communicating style (Gaya Komunikasi). Komunikasi mutlak harus terpenuhi oleh sales promotion girl karena melalui komunikasi ini akan mampu tercipta interaksi antara konsumen dan sales promotion girls. Komunikasi ini diukur dari gaya bicara dan cara berkomunikasi. Tolak ukur akhir dari gaya komunikasi yang berhasil jika customer tertarik dan membeli terhadap produk yang ditawarkan. Body language. Body language ini lebih mengarah pada gerakan fisik (lemah lembut, lemah gemulai, dan lainnya). Gerak tubuh ketika menawarkan produk dan sentuhan fisik (body touch) adalah deskripsi dari body language ini. Pengukuran atas body language dikembalikan kepada konsumen karena bisa bersifat subyektif. Jika memenuhi unsur tersebut, sangat dimungkinkan sales promotion girls yang direkrut perusahaan akan mampu menciptakan persepsi yang baik tentang produk yang ditawarkan, dan akan diikuti dengan minat pembelian. Produck Knowledge Pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan sangat penting bagi seorang SPG. Kemampuan menawarkan dan menjelaskan tentang hasil pekerjaan jasa cuci mobil sangat menentukan keputusan customer untuk memilih jasa yang ditawarkan. Kemampuan memberi solusi terhadap keluhan customer, seperti mobel baret bisa dihilangkan atau tidak, noda jamur, baret karena wiper, dan lain-lain, jika SPG mampu memberi penjelasan dan solusinya, maka customer akan mudah memutuskan untuk mengambil jasa pelayanan yang ditawarkan. Para pengusaha cuci mobil agar tidak ragu lagi merekrut SPG sebagai ujung tombak kesuksesan dan keberhasilan bisnis jasa cuci mobil. Sumber : ( AUTO SUKSES, Konsultan Jasa Bisnis Cuci Salon MobilCp. 081.575.426.626)