Kamis, 21 Juli 2011

MANUAL OPERASIONAL FRANCHISE AUTO BEAUTY

AUTO BEAUTY
Franchise Car Wash & Auto Detailing
Kantor Pusat : Jl Soekarno Hatta No.277, Tlogosari, Semarang, Telp. 024.6747030.
NAMA WARALABA : AUTO BEAUTY.
Franchisor : CV. Tunas Astra
Bidang Usaha : Cuci Mobil & Salon Mobil.
Keunikan : Cuci Mobil Kualitas Salon.
Berdiri : Maret 2005 (Mulai Waralaba 1 Maret 2010).
Waralaba Fee : Rp. 150.000.000,-( Masa Perjanjian 5 Thn)
Royalty Fee : 10 % dari Omset. (Cash-in brutto) setiap bulan.
Total Modal awal * : Rp. 275.000.000,- (sudah termasuk waralaba fee).
Pengembalian Modal(ROI) : 16 Bulan (1 Tahun, 4 Bulan).

Catatan : *Tempat, bangunan dan prasarananya milik sendiri.

Manfaat & Keuntungan
1. Anda akan memiliki usaha baru yang telah memiliki system yang sudah matang dan teruji. Dengan demikian tingkat keberhasilan usaha bisa dimaksimal dan tingkat kegagalan dapat diminimalkan.
2. Anda tidak perlu memiliki keahlian dan pengalaman dibidang usaha perawatan mobil (cuci dan salon mobil) tetapi dapat memiliki usaha dan memperoleh penghasilan dari usaha tersebut.
3. Anda memiliki usaha dengan tingkat keuntungan yang tinggi dan masa pengembalian investasi yang relatif singkat.
4. Anda akan mendapat dukungan (supporting) management baik berupa training karyawan, konsultasi pemasaran, dan pengembangan usaha.

Biaya Franchise

1. Biaya untuk membeli Franchise Auto Beauty Rp.150.000.000,-(Masa Perjanjian 5 Tahun).
2. Biaya Paket Franchise meliputi : Peralatan, Bahan-bahan, Training karyawan, Brosur, konsultasi, kunjungan dll (lihat lampiran 1, Daftar paket Franchise) sebesar Rp. 125.000.000,-

Mitra Franchise menyiapkan :
1. Lahan Luas 500 m2 s/d 1000 m2.
2. Bangunan dengan Fasilitas : Tempat Parkir, Tempat Basahan Cuci, Tempat Keringan Cuci & Salon. Kantor & perlengkapanya, Ruang Tinggu & perlengkapannya serta Gudang.
3. Sumber air, pompa & Tower air(Tempat penampungan air) beserta instalasinya..
4. Listrik kurang lebih 10.000 watt.
5. Papan Nama (Neon Box).
6. Lokasi lahan strategis, berada dipinggir jalan besar, lalulitas mobil pribadi cukup padat, berada disekitar Perumahan kelas menengah keatas, dekat SPBU, dekat ATM, dekat Kampus, perkantoran, pasar modern (Kawasan Ruko, Super Market).
7. Menyediakan Karyawan yang siap di Training sebanyak 10 orang..

Kewajiban Franchisor
1. Menyiapkan semua peralatan, perlengkapan dan obat-obatan cuci dan salon mobil sesuai yang tertuang dalam paket Franchise.(lihat lam paket Franchise).
2. Mempersiapkan ketrampilan karyawan (Man Power) untuk di training : 5 orang cuci mobil, 3 orang salon mobil, 1 orang kasir, 1 orang Customer Service.
3. Memberikan Pembimbingan usaha dengan melakukan kunjungan ke Outlet Mitra Franchise secara berkala.
4. Memantau perkembangan Outlet Mitra Franchise dan membantu mengembangkannya.
5. Menbuat inovasi produk-produk baru dan mengembangkan ke outlet mitra Franchise.

Operasional Outlet
1. Penanggung jawab utama adalah pihak Franchisee sebagai pemilik usaha.
2. Pengelolaan harian dipegang oleh pihak Franchisee.
3. Biaya operasional ditanggung oleh Franchisee.

Estimasi Analisa Usaha
Omset per bulan.
Biaya operasional per bulan.
Laba bersih per bulan.
Lama Pengembalian Modal (ROI).,Lihat pada lampiran 2.

Pembayaran

Pembayaran Franchise Fee dilakukan pada saat penandatangan MoU.
Pembayaran Paket Franchise dilakukan pada saat permintaan pengiriman paket franchisee.
Pembayaran Royalti Fee pada setiap akhir bulan tutup buku (tanggal 1 awal bulan )

KUNCI SUKSES USAHA CUCI MOBIL dan SALON MOBIL


Minat usaha saja tidak cukup untuk dapat sukses dalam mendirikan usaha. Butuh pengalaman, yang banyak memakan waktu bertahun-tahun agar kita mampu bertahan dan sukses dalam menjalani bisnis cuci mobil & salon mobil. Beberapa kiat sukses berbisnis cuci mobil & salon mobil diantaranya adalah :

Segment Pasar.
Tentukan sasaran segment pasar yang akan kita bidik (Kelas menengah ke bawah, kelas menengah keatas, atau high class). Fasilitas, pelayanan, sarana, harga yang kita berikan harus kita sesuaikan pada segment pasar yang kita bidik. Tidak akan berhasil kita membidik segment pasar kelas menengah ke atas dengan fasilitas, sarana, pelayanan yang kita sajikan untuk kelas menengah ke bawah atau sebaliknya fasilitas, pelayanan, sarana dan harga kelas menengah keatasyang kita berikan pada pelanggan kelas menengah ke bawah. Jadi tentukan dahulu sasaran segment pasar pelanggan kita, baru kemudian sesuaikan denga fasilitas, sarana, pelayanan dan harga yang kita minta.


Selera Pelanggan
Ketahui selera pelanggan kita. Masing-masing pelanggan yang datang ke bengkel cuci dan salon mobil kita tidak sama seleranya. Masing-masing pelanggan mempunyai kepribadian dan kebiasaan yang unik. Untuk itu kita harus pandai pandai menyelami kepribadian pelanggan kita. Ada pelanggan yang suka di service dengan rasa hormat, ada yang ingin disservice rasa kekeluargaan, ada yang ingin disservice dengan rasa pertemanan. Dan masing-masing mobil yang kita kerjakan bagi masing-masing pelanggan tidak bisa disamakan cara perlakuannya, ada yang minta cepat selesai, ada yang minta teliti pengerjaannya, ada yang minta mesinnya tidak dicuci, ada yang minta karpetnya tidak disilicon dll. Pelanggan kita punya selera dan kita coba semaksimal mungkin untuk memahaminya.

Tempat Tunggu yang nyaman dan Menyenangkan.
Kita beri pelanggan kita tempat tunggu yang nyaman & menyenangkan. Agar mereka merasa betah dan senang menunggu mobil yang sedang di cuci. Karena menunggu mencuci mobil merupakan kegiatan yang membosankan, berikan fasilitas di ruang tunggu salon kecantikan, pijat refleksi, free hot spot area, café, dll yang mampu menggantikan kejenuhan menunggu.

Jual Jasa Pelayanan yang Memuaskan Pelanggan
Tanamkan kepada para karyawan untuk menJual “pelayanan yang memuaskan pelanggan”bukan sekedar jualan cucian & salon mobil. Jasa pelayanan yang memuaskan harganya/nilainya lebih tinggi dari pada sekedar menjual jasa cuci mobil atau salon mobil.pelanggan yang merasa puas tidak akan merasa keberatan membayar seberapa mahal harga sebuah jasa cuci mobil atau salon mobil. Mereka akan selalu kembali untuk mencucikan mobil atau menyalonkan mobilnya karena bukan sekedar hasil cucian atau salon mobinya yang dapat mereka terima, akan tetapi karena ada perasaan puas atas pelayanan yang di berikan. Pelanggan akan datang dan akan kembali mendapatkan jasa pelayanan yang memuaskan. Pelanggan yang demikian akan menjadi pelanggan yang fanatic kepada Perusahaan kita.

Kesan Nilai Lebih
Beri kesan bahwa tempat cucian & salon mobil kita modern menggunakan teknis & teknologi terbaik. Tanamkan kesan di hati dan pikiran pelanggan sesuatu yang hebat terhadap usaha kita. Tampilkan hal-hal yang baik atau bagus baik pelayanan, tempat, karyawan, cara kerja, penampilan dll. Sehingga tercipta image yang baik atau bagus dipikiran pelanggan tempat cucian dan salon mobil kita.

Hanya di Tempat Cucian dan Salon Mobil Kita yang Bisa.
Ciptakan kesan bawa tempat cucian & salon mobil yang berkualitas hanya ada di tempat kita. Hanya di tempat kita dapat dihasilkan suatu hasil pelayanan yang memadai, di tempat lain tidak bisa. Sebagai bukti hanya di tempat kita yang bisa, maka kita berani memberikan garansi atau jaminan terhadap hasil pekerjaan yant kita lakukan. Sehingga pelanggan akan yakin dan percaya untuk selalu memakai jasa kita.(Ahmad Sriyono, Auto Beauty Franchise, Phone.081.575.426.626)